CARA CERDAS MENJADI EDITOR HANDAL

No comment 117 views
banner 160x600
banner 468x60

 

Pendidikan Strata 1

Bagimu yang tertarik dengan posisi Editor maka harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra dan Bahasa Asing Lain, Ilmu Komunikasi, atau jurusan relevan lainnnya. Lulusan Sastra Indonesia sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya akan mempelajari puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya sastra lainnya. Kamu juga akan melakukan berbagai kajian untuk mengetahui latar belakang dari ide dan karya seniman. Ada pula bibliografis yang mempelajari tentang penampilan dan formasi buku. Selain itu, kamu juga akan mempelajari penulisan kreatif dan penyuntingan. Pendidikan Sastra Indonesia akan ditempuh dalam waktu 4 tahun.

DIMANA EDITOR BEKERJA & JENJANG KARIRNYA

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, editor adalah pembaca pertama dari tulisan. Namun, mereka tidak hanya membaca. Mereka juga harus memastikan bahwa tulisan itu harus tepat, baik itu secara selera perusahaan maupun secara tata bahasa. Sekarang ini, banyak jenis editor yang tersebar di Indonesia, baik itu yang bertugas untuk menyunting buku atau media massa. Tugas setiap editor pun jadi bervariasi, tergantung dari di mana tempatnya bekerja, berikut beberapa diantaranya:

EDITOR BUKU

Posisi ini akan banyak bersinggungan dengan emosi penulis cerita, kecenderungan calon pembaca, serta bagaimana semestinya cerita disajikan. Hal ini berlaku baik untuk novel maupun cerita pendek. Selain itu, editor buku juga akan memberikan saran kepada penulis, bagaimana semestinya ia mengembangkan cerita. Tentu saja, mereka juga harus mengecek ritme dari cerita, agar tidak menyebar terlalu luas.

EDITOR MEDIA MASSA

Mereka yang bekerja di bidang jurnalistik ini, biasanya akan berfokus kepada tata bahasa, tanda baca, fakta dalam tulisan, serta bagaimana pemilihan kata dalam tulisan. Selain itu, editor media massa, dalam hal ini, majalah, koran, atau media online, akan menyesuaikan hasil perubahan tulisannya dengan kebijakan redaksi.

Jenjang karir editor sendiri terbagi menjadi 5 (lima) yaitu Copy Editor, Editor, Senior Editor, Managing Editor, Chief Editor

  • Copy Editor hanya memiliki kewenangan terhadap teknis suatu penulisan naskah, misal kesalahan ejaan, bahasa, fakta, data, dan lain-lain
  • Editor adalah seseorang yang melakukan penyuntingan seperti Editor Film, Editor Suara, Redaktur (Editor Tulisan)
  • Editor Senior memastikan publikasi kualitas tertinggi dalam penerbitan suatu karya. Senior editor juga bertanggung jawab untuk administrasi, menulis, merancang dan distribusi
  • Managing Editor adalah Seorang redaktur pelaksana atau anggota senior dari tim manajemen sebuah publikasi
  • Editor-in-chief adalah kepala utama publikasi yang memiliki tanggung jawab akhir untuk semua operasi dan kebijakan. Dia memimpin semua departemen organisasi. Selain itu, editor-in-chief yang bertanggung jawab mendelegasikan tugas kepada anggota staf serta menjaga timeline kerja dengan baik. Tanggung jawab editor-in-chief mencakup pengecekan fakta, ejaan, tata bahasa, menulis halaman gaya desain, dan foto, Menolak tulisan yang tampaknya menjiplak, telah diterbitkan di tempat lain, Berkontribusi pada potongan editorial, Memotivasi dan mengembangkan staf editorial, Memastikan draft akhir selesai, Penanganan keluhan pembaca dan memeriksa referensi buku-buku atau jurnal dari sebuah kutipan.

  • PROSPEK KERJA EDITOR

     

    Peluang kerja sebagai Editor akan selalu terbuka, karena:

    Fungsi Penting Editor dalam Menjembatani Pembaca dan Penulis

    Editing merupakan pekerjaan yang sangat penting dalam dunia penerbitan, editing atau pekerjaan menyunting dan merangkai dari potongan-potongan tulisan sehingga menjadi suatu rangkaian kalimat atau paragraf yang utuh dan mudah dimengerti. Editing merupakan proses yang berfungsi sebagai jembatan antara pembaca dan penulis. Seorang Editor akan memperbaiki naskah dari segi kuantias maupun kualitas. Dalam mengkoreksi naskah, editor pun harus melalui beberapa proses, yaitu dari revisi ringan hingga merombak tulisan. Sehingga, para pembaca dapat memahami tulisan tersebut. Tidak hanya itu, editor juga harus memastikan bahwa tulisan tersebut mampu menarik perhatian para pemabaca. Dalam dunia industri editing memiliki tempat penting, tidak hanya dalam dunia penerbitan melainkan juga dalam dunia televisi ataupun perusahaan lainnya.

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "CARA CERDAS MENJADI EDITOR HANDAL"