Dua Dosen Fakultas Pertanian Universitas Boyolali Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kelompok Wanita Tani.

banner 160x600
banner 468x60

Boyolali- Senin, 06 Desember 2021 Fakultas Pertanian, Universitas Boyolali(UBY) mengadakan kerjasama dengan Kelompok Wanita Tani(KWT) Madumulyo dan Asmantoga Lestari yang ada di Kabupaten Boyolali. Kerjasama ini diinisiasi dengan dilaksanakannya beberapa kegiatan sebelumnya antara Fakultas Pertanian dengan KWT Madumulyo maupun Asmantoga Lestari.

Misalnya tahun 2019 kolaborasi dengan prodi Teknik Kimia UNNES, dosen Prodi Agroteknologi UBY mengadakan pelatihan bertema “Pelatihan Pengoptimalan Lahan Perumahan di Perkotaan Menggunakan Pupuk Organik Hayati Berbasis Mikroalga” yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan dana hibah DIPA FT UNNES.

Pada Agustus 2021, Margaretha Praba Aulia, S.T., M.T. serta Jujuk Juhariah, S.Pd., M.Sc. kembali melaksanakan pengabdian dengan tajuk “Pendampingan Desain dan Pelatihan Penggunaan Mesin Tray Dryer”.

Kerjasama ini dilanjutkan dengan kerjasama yang berupa pelatihan pengolahan minuman instan “bir pletok” serta pengeringan teh telang yang dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Aplikasi Pengolahan Tanaman Obat Sebagai Barang Siap Jual Dengan Daya Ekonomi Yang Tinggi”.

Dalam kegiatan ini Margaretha Praba Aulia, S.T., M.T. memberikan paparan mengenai proses pengeringan bunga telang menjadi teh telang dan proses pembuatan bir pletok yang terdiri dari proses ekstraksi serta kristalisasi bir pletok.

Pengabdian ini diikuti mahasiswa semester 5 Prodi Agroteknologi serta pengurus KWT Madumulyo dan Asmantoga Lestari. Mahasiswa mengikuti pelatihan ini dalam rangka aplikasi mata kuliah Agrofarmaka yang di dalamnya juga membahas mengenai pengolahan tanaman obat agar sesuai dengan standar yang ada.

Manfaat bagi KWT maupun Asmantoga adalah bertambahnya ilmu mengenai pengolahan, sehingga dapat meminimalisir adanya kesaalahan yang terjadi ketika produksi baik teh telang maupun bir pletok(Prb/*)

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Dua Dosen Fakultas Pertanian Universitas Boyolali Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kelompok Wanita Tani."