EDUKASI PENGEMASAN SAYUR SEGAR UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL SAYUR BERSAMA KKN UNIVERSITAS BOYOLALI 2022                    

banner 160x600
banner 468x60

 

Boyolali- Pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020 sudah banyak mempengaruhi banyak sektor, salah satunya yaitu sektor pertanian. Pada tahun ini Kuliah Kerja Nyata(KKN) Mandiri Universitas Boyolali(UBY) di lakukan di domisi rumah masing-masing seperti halnya yang di lakukan oleh Sriyani  mahasiswa KKN Mandiri Universitas Boyolali jurusan Manajemen menyelenggaran berbagai program kerja di antaranya Edukasi Pengemasan Sayur Segar.

 

Kuliah Kerja Nyata ini berlokasi di Dukuh Kedung Rt 14/ Rw 02 Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Di desa tersebut terdapat beberapa problem atau masalah salah satu problemnya di masyarakat  ini adalah masih rendahnya nilai jual dari hasil panen berupa sayur mayur. Kondisi masyarkat di Dukuh Kedung ini mayoritas bekerja sebagai petani sayur.

Hasil dari panen kemudian di jual ke pasar dengan harga yang masih rendah di tambah dengan adanya sayur-sayur impor dari luar negeri yang mengakibatkan harga jual dari sayur mayur lokal semakin rendah, ditambah lagi dengan adanya pandemi covid 19 ini masayarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan baik badan, lingkungan maupun makanan oleh karena itu mahasiswa KKN mandiri Universitas Boyolali dan di dukung oleh pemerintah desa setempat serta ketua RT dan ketua PKK Dukuh Kedung memberikan sosialisasi dan edukasi kepada ibu-ibu PKK tentang pengemasan sayur, agar tetap terjaga dari segi kesegaran dan kehigenisan dari sayur tersebut, selain itu juga memberikan label pada kemasan untuk meningkatkan nilai jual sayur hasil panen dan agar tampilan terlihat lebih menarik dan meningkatkan minat beli masyarakat.

 

Dari pelatihan tersebut diharapkan masyarakat bisa terus menerapkan hal-hal yang telah di ajarakan oleh mahasiswa KKN Universitas Boyolali. Selain itu juga diharapkan masyarakat bisa terus kreatif  dan inovatif dalam menjalankan usaha ahar perekonomian di masyarakat terus meningkat, sehingga juga berpengaruh dalam kesejahteraan masyarakat. (Sriyani)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "EDUKASI PENGEMASAN SAYUR SEGAR UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL SAYUR BERSAMA KKN UNIVERSITAS BOYOLALI 2022                    "