KKN UNIVERSITAS BOYOLALI, SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI PELAKU USAHA WARUNG SEMBAKO DIDUKUH KARANGANDONG

banner 160x600
banner 468x60

 

Boyolali- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Boyolali(UBY) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Meylinda Anggitasari dengan program kerja sosialisasi pengelolaan keuangan usaha warung sembako di Dukuh Karangandong RT 004/RW 001, Kelurahan Metuk, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Dimana program kerja ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan pemilik warung sembako, karena kebanyakan dari pemilik warung sembako tidak melakukan pengelolaan keuangan dengan baik bahkan ada yang tidak paham tentang bagaimana pengelolaan keuangan usaha yang baik.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pemilik warung sembako yang ada di Desa Karangandong agar warung sembako usahanya memilki pengelolaan keuangan yang baik sehingga usahanya dapat terus berjalan dan memilki keuntungan yang jelas. Kegiatan dilakukan dengan memberikan materi sosialisasi  pengelolaan keuangan usaha kepada pemilik warung sembako. Dalam materi berisi tentang cara mengelola keuangan yang baik seperti, memisahkan keuangan pribadi dengan penghasilan warung, mengelola modal warung dengan baik, serta membuat pembukuan untuk warung usahanya.

Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan mendampingi pemilik warung dalam membuat pembukuan sederhana untuk warung sembakonya. Pembukuan merupakan satu hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan usaha. Dengan adanya pembukuan pemilik warung dapat mengetahui keuntungan ataupun kerugian dalam usahanya. Dalam pembukuan sederhana ini pemilik warung didampingi dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan serta laporan laba/rugi untuk warung mereka.

Program kerja ini mendapat respon positif dari pemilik warung sembako di Desa Karangandong, mereka mengaku senang karena telah diajarkan cara mengelola keuangan usaha yang baik. Sehingga dengan adanya program kerja ini diharapkan kedepannya dapat membantu dan memberikan wawasan bagi pemilik usaha dalam pengelolaan keuangan dan warung sembako mereka dapat berkembang menjadi lebih baik lagi(Red).

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "KKN UNIVERSITAS BOYOLALI, SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI PELAKU USAHA WARUNG SEMBAKO DIDUKUH KARANGANDONG"