Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Balitbang SDM Kemenkominfo RI

banner 160x600
banner 468x60

 

Yogyakarta- Bertempat di Amphitarium Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia pada Selasa, 1 Februari 2022.

Proses penandatanganan dilakukan oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D. dan Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo RI, Dr. Hary Budiarto, M.Kom. dengan disaksikan oleh Rektor UAD Dr. Muchlas M.T., Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, M.Ed., Ph.D., dan Sekretaris Balitbang SDM Kemenkominfo RI Dra. Haryati, M.I.Kom. Acara ini merupakan upaya untuk mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional yang berdaya saing di tingkat global.

Muchlas dalam sambutannya mengatakan bahwa ia berharap kerja sama ini dapat memperkuat literasi digital yang nantinya bisa diderivasi ke seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Untuk UAD pada khususnya, Muchlas berharap bahwa, “Semoga dapat mengimplementasikan kerja sama yang bisa mendukung proses hilirisasi dari inovasi dan riset yang kami selenggarakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Lincolin Arsyad juga menyampaikan harapannya bahwa PTM harus mengejar proses digitalisasi agar tidak tertinggal. “Jika ingin jadi pioner, maka harus jadi yang terdepan dan melek informasi. Karena di masa yang akan datang, siapa yang menguasai teknologi informasi adalah yang akan menguasai dunia,” terangnya.

Acara diikuti oleh kuliah umum yang disampaikan oleh Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo RI dengan topik “Menuju Masyarakat Digital 2045”. Ia menyampaikan bahwa untuk menuju Indonesia Digital 2021?2024, empat sektor strategis yang menjadi sorotan utama adalah infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Balitbang SDM Kemenkominfo RI"