MENINGKATKAN KREATIFITAS MASYARAKAT DENGAN MENGEMBANGKAN BISNIS SUSU SAPI MENUJU DESA BADRAN SARI MANDIRI

banner 160x600
banner 468x60

Boyolali- Pada tanggal 20 Februari 2021 Universitas Boyolali menerjunkan 74 mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara mandiri atau sesuai domisili masing-masing mahasiswa. Salah satunya adalah Santi Pradita yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang mengangkat tema “Memanfaatkan hasil ternak untuk dijadikan peluang bisnis”

Selama satu bulan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata(KKN) mandiri di Dukuh Badran Sari, Desa Kembangsari, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah adapun pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan, diantaranya edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan peluang usaha, pembuatan susu murni, membantu belajar anak-anak desa badran sari, membagi masker kepada warga desa.  

Di masa pandemi seperti saat ini,tentunya banyak pemilik usaha atau pegawai yang mengalami dampak tersebut, karenanya harus memutar otak bagaimana caranya agar tetap bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, di sini saya mencoba untuk membantu masyarakat dalam memanfaat kan peluang usaha yang modal nya tidak terlalu tinggi tetapi tetap memiliki peluang usaha yang matang.

Di tempatnya melakukan KKN sebagian besar penduduk nya adalah petani atau peternak. Dari hasil ternak warga dapat menghasilkan susu murni yang di jual perliter seharga Rp.10.000,- jumlah yang cukup rendah di banding dengan kebutuhan yang harus di cukupi. Berbekal pengalaman ber-eksperimen akhirnya diajaklah warga Badran Sari untuk membuat produk berbahan dasar susu murni yang kemudian kami modifikasi agar terlihat lebih modern dan dapat menjadi daya tarik konsumen.

Susu murni tersebut diolah dengan berbagai macam rasa seperti coklat, melon, strawberry dll yang di padukan dengan potongan nutrijel aneka warna dan dikemas dengan botol ukuran sedang lalu di tempeli loggo merk minuman yang sudah dibuat agar menjadi lebih menarik. Untuk percobaan awal dijual melalui aplikasi Whastapp warga, belum kami pasarkan melalui e-commers karena susu murni hanya bertahan sekitar 1-2 hari jika di simpan dikulkas.

Kandungan susu sapi murni terdiri dari kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, vitamin A dan vitamin B12. Adapula kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalori, riboflavin, niacin, kolin, zinc, asam linoleat serta potassium. Nutrisi dan senyawa tersebut membantu untuk memenuhi nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Manfaat susu sapi murni antara lain dapat membantu pertumbuhan tulang, menyehatkan jantung, menurunkan resiko kanker, membantu pembentukan massa otot, menurunkan risiki radang sendi, baik untuk penderita anemia, mengendalikan berat badan, mencegah gigi berlubang, mencegah diabetes, menjaga tubuh tetap fit, mengatasi depresi, membantu penyembuhan luka, membantu meringankan kinerja otak besar, menetralisir racun, dan meningkatkan kesehatan kulit.(Red)

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "MENINGKATKAN KREATIFITAS MASYARAKAT DENGAN MENGEMBANGKAN BISNIS SUSU SAPI MENUJU DESA BADRAN SARI MANDIRI"