Pengambilan Sumpah Perawat Program Studi Profesi Ners STIKES Awal Bros, Batam Berlangsung Khidmat

banner 160x600
banner 468x60

 

 

BATAM- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan(STIKES) Awal Bros, Kota Batam menggelar acara Pengambilan Sumpah Perawat Program Studi Profesi Tahun Akademik 2021/2022 pada Rabu, 12 Januari 2022.

Acara yang digelar di Planet Holiday Hotel ini dipimpinoleh dewan sidang yang dipimpin oleh Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Kepulauan Riau Ns. Adil Chandra, S.Kep, M.Kep didampingi anggota sidang yang berasal dari pimpinan akademik Wakil Ketua I, Rachmawaty M. Noer, Ners, M. Kes, M. Kep, Wakil Ketua II Aminah Aatinaa Adhyatma, S.Si.T,.M.Keb dan Kaprodi Ners Sri Muharni, Ners,.M.Kep.

Acara dimulai yang dimulai pukul 09.30 wib tersebut berlangsung dengan prokes Covid 19 dan berjalan tertib dan khidmat. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Awal Bros Bangun Bangsa beserta pengurus, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Batam Buba Eritha, S.Si.,Apt.,M.Kes, selaku, Ketua DPD PPNI Kota Batam, Manajer Keperawatan RS Awal Bros Batam, Kepala Puskesmas Tiban Baru, para Clinical Instructure,  para dosen, civitas akademika STIKes Awal Bros Batam serta orangtua/suami/istri serta wali dari lulusan yang mengikuti proses angkat sumpah.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, tari persembahan dari Sanggar Puan Lenggang Melayu BEM STIKes Awal Bros Batam, pembacaan SK penetapan peserta angkat sumpah perawat oleh Wakil Ketua I, Rachmawaty M. Noer, Ners, M. Kes, M. Kep dan dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan pendidikan oleh Kaprodi Ners Sri Muharni, Ners,.M.Kep dan selanjutnya sidang dibuka oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Kepulauan Riau Ns. Adil Chandra, S.Kep, M.Kep dan sekaligus memimpin prosesi pengambilan sumpah perawat dan dikukuhkan oleh rohaniawan.

Setelah pengambilan sumpah profesi dilanjutkan dengan penandatanganan naskah sumpah dan penyerahan buku kode etik perawat serta pin PPNI kepada peserta sumpah. Selama proses pengambilan sumpah dan pengukuhan sumpah semua peserta diwajib untuk berdiri dan mengucapkan setiap lafal sumpah yang dibacakan oleh Pimpinan sidang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan perawat secara simbolis kepada Dinas Kesehatan Kota Batam dan ditutup dengan persembahan lagu dan puisi dari peserta angkat sumpah serta persembahan lagu dari sivitas akademika untuk peserta angkat sumpah.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan piagam penghargaan kepada pamuncak yakni Ns. Jasvirgon, S. Kep dengan IPK 4,00

Mewakili teman-temannya dalam ucapan kesan dan pesannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua, suami, istri serta orang – orang yg disayangi dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan motivasi dan semangat kepada mereka semua sehingga mereka sampai di tahap ini. Tentunya banyak suka dan duka serta kenangan manis selama mereka menjalani pendidikan di STIKes Awal Bros Batam. Ucapan terima kasih juga disampaikan beliau kepada para dosen & Preseptor Klinik Rumah Sakit & Puskesmas yang telah menghantarkan mereka ke akhir pendidikan profesi ini.

Prof. dr. Fadil Oenzil, PhD, Sp.GK selaku Ketua STIKes Awal Bros Batam menyampaikan bahwa Prosesi Angkat Sumpah merupakan langkah awal lulusan prodi Pendidikan Profesi Perawat STIKes Awal Bros Batam untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kami berharap lulusan bisa bekerja dengan baik dan profesional di lapangan, serta menjaga nama baik almamater.

Disamping itu Pengambilan Sumpah Perawat merupakan suatu tanggung jawab para lulusan terhadap bangsa dan negara dalam mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Sumpah ini sekaligus menandakan telah selesainya rangkaian pendidikan baik tahapan akademik dan profesi dan secara resmi telah mendapatkan gelar Ners.

Ketua Yayasan Awal Bros Bangun Bangsa Ir. Arief Iskandar, MM mengatakan bahwa menjadi perawat yang professional perlu adanya pengembangan ilmu secara terus menerus agar mampu meningkatkan pelayanan kesehatan terutama dalam pelayanan keperawatan sebagai garda terdepan di bidang kesehatan sehingga kemampuan dan profesionalitas perawat merupakan modal utama.

Beliau memberikan apresiasi terhadap konsistensi STIKes Awal Bros Batam dalam membina serta melahirkan para perawat yang professional sehingga mendapatkan peringkat 1 hasil uji kompetensi Ners I Kepulauan Riau dengan persentase lulusan sebanyak 96%. Beliau juga mengatakan akan tetap memberikan dukungan moril dan materil terhadap semua upaya yang dilakukan guna peningkatan kualitan dosen dan mahasiswa dalam pengembangan perguruan tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Batam  dalam sambutan  tertulisnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada STIKes Awal Bros Batam atas peran serta yang telah dilakukan yaitu dalam menciptakan dan menghasilkan tenaga kesehatan untuk mensukseskan program kesehatan salah satunya yaitu dengan memberikan pendidikan kepada calon tenaga kesehatan sehingga dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang handal, dibuktikan dengan beberapa lulusan memiliki nilai dengan nilai terbaik, pemerintahan baik pusat maupun pemerintah daerah sangat mendukung dalam program-program kesehatan yaitu pengelolaan tenaga kesehatan.

Sebagai penutup sambutan oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Kepri memberikan ucapan selamat kepada lulusan dan mengharapkan agar perawat yang baru disumpah untuk dapat bergabung di organisasi PPNI. Beliau juga menghimbau agar perawat memberikan pelayanan sesuai dengan regulasi dan kode etik profesi. STR dan SIPP adalah 2 hal yang wajib dimiliki perawat dalam bekerja sebagai implementasi dari UU no. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.(NO2NG)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pengambilan Sumpah Perawat Program Studi Profesi Ners STIKES Awal Bros, Batam Berlangsung Khidmat"