SOLUSI BELAJAR DARING SISWA SD BERSAMA ISTIANA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS BOYOLALI

banner 160x600
banner 468x60

Boyolali-Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, banyak kendala yang dihadapi guru sebagai pendidik dan pengajar, orangtua/ wali dan para siswa sendiri. Pembelajaran yang semula tatap muka (luring), akibat pandemi tersebut berubah dengan banyak dilakukan secara online (daring).

 

Adapun kendala dalam pembelajaran daring seperti: (1) Lokasi rumah tidak terjangkau jaringan internet, termasuk quota internet murid minimalis, (2) Media pembelajaran yang digunakan para guru dominan monoton dan membuat para murid merasa jenuh atau bosan. Kemudian, (3) Pembelajaran dominan belum interaktif, (4) Karakter ataupun perilaku para murid sulit dipantau, (5) Pembelajarannya cenderung tugas online, (6) Tugas diberikan para murid menumpuk. Kedala lain, (7) Penyerapan materi pelajaran sangat minimalis, dan (8) Penilaian yang dilakukan guru berupa Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) termasuk Ujian Sekolah (US) kurang berintegritas.

 

Pada era pandemi kegiatan belajar di sekolah menggunakan sistem daring atau belajar dari rumah. Kebanyakan para orang tua sulit untuk menjelaskan kepada anak tentang pelajaran yang disampaikan melalui system daring, oleh karena itu  dalam rangka Kuliah Kerja Nyata(KKN) yang dilaksanakan tanggal 21 februari sampai 31 maret mahasisiwa Universitas Boyolali(UBY) Istiana dari Fakultas Hukum membuat program kerja di Dukuh Puntan, Desa Bakulan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dengan membantu para anak-anak untuk belajar dari rumah selam masa pandemi.

 

Salah satu cara untuk membantu anak anak dalam proses belajar adalah dengan menggunakan aplikasi zoom.  Aplikasi Zoom dapat di gunakan untuk sarana belajar kelompok atau diskusi tanpa harus berkumpul pada satu tempat tetapi cukup dilakukan di rumah masing- masing. Selain melakukan sosialisasi tentang cara penggunaan aplikasi zoom mahasiswa juga membantu anak anak usia taman kanak-kanak belajar membaca dan berhitung.

 

Zoom merupakan sebuah teknologi terbarukan yang dirintis oleh Perusahaan Teknologi Komunikasi dari Amerika Serikat. Zoom sendiri merupakan jenis teknologi aplikasi atau website yang dirancang sebagai bentuk kemudahan untuk diskusi atau siaran langsung konferensi jarak jauh.Kelebihan memakai aplikasi zoom:

1. Kapasitas Ruang Besar

Pada dasarnya, teknologi diskusi atau konferensi jarak jauh diciptakan untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan anggota. Tak jarang pula bahwasanya anggota tiap kelompok diskusi memiliki jumlah yang cukup banyak. Hal ini dapat ditelusuri lebih jauh ketika digunakan dalam sektor pendidikan, yang umumnya diakses oleh banyak orang.

 

Zoom memberi solusi bagi tiap permasalahan ruang bagi pengguna. Akses kapasitas ruang yang diberikan oleh teknologi ini cukup besar. Tak tanggung-tanggung, Zoom memberikan 1.000 akses bagi anggota dalam satu forum diskusi, serta 10.000 anggota dalam satu forum siaran langsung. Hal ini cukup memudahkan bagi pengguna khususnya sektor pendidikan dalam melaksanakan diskusi jarak jauh.

2. Fitur Beraneka Ragam

Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri saat menggunakan teknologi diskusi jarak jauh menggunakan aplikasi tertentu? Seperti halnya kondisi wajah yang terlihat letih dan tidak segar. Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya Zoom telah memberi solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu fitur Zoom yang tidak dimiliki oleh teknologi diskusi jarak jauh lainnya, ialah fitur edit wajah.

 

Baru-baru ini Zoom merilis salah satu fitur tersebut guna memberikan kepercayaan tersendiri bagi para penggunanya. Rata-rata para pengguna memiliki kepercayaan diri yang kurang baik saat menggunakan teknologi diskusi jarak jauh. Fitur ini dapat mengatur kecerahan seperti halnya foto pada umumnya. Tak hanya itu, terdapat pula fitur pengganti latar belakang yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

 

Selain fitur gambar yang tersedia di teknologi Zoom, terdapat pula fitur akses menghidupkan dan mematikan suara serta gambar. Akses ini diklaim cukup berguna bagi para pengguna terutama pada kualitas suara. Saat sebuah diskusi berjalan, tentunya harus menyediakan kondisi yang kondusif untuk kelancaran kegiatan. Fitur mematikan mikrofon pada peserta diskusi dapat menjadi salah satu alternatif tersebut.

3. Kualitas Akses Tinggi

Kualitas akses tinggi dalam hal ini yang dimaksud ialah pada suara dan gambar yang tersedia. Dalam sebuah forum diskusi atau siaran langsung, tentunya peserta diskusi memerlukan sumber informasi yang aktual dan jelas. Banyak cara dilakukan oleh pengguna demi memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti menyediakan speaker di rumah, menyalakan akses dengan layar monitor yang besar, dan berbagai macam lainnya.

 

Namun bagi Anda yang setia dengan penggunaan Zoom, tak perlu khawatir dengan permasalahan di atas. Pasalnya, Zoom memberikan kualitas akses yang tinggi kepada penggunanya. Hal ini tentunya menjadi sisi positif tersendiri bagi pengguna zoom pada umumnya. Tak jarang pula, pengguna Zoom merasa sangat terbantu dengan fitur seperti ini.

 

Jika pengguna Zoom berkenan, terdapat pula akses dengan kualitas tinggi pada layar presentasi. Layar presentasi disediakan sedemikian baik bagi pengguna Zoom demi memudahkan kenyamanan dan kelancaran dalam berdiskusi. Sama halnya dengan siaran langsung yang dimiliki teknologi Zoom pun tak jauh berbeda kualitas dari akses diskusi pada umumnya.

Kekurangan Zoom

1. Boros Penggunaan Kuota Data

Bagi pengguna Wi-Fi tentunya mengakses diskusi atau konferensi jarak jauh merupakan sebuah hal yang biasa. Hanya tinggal membayar biaya per bulannya pada kantor internet terdekat, akses kualitas internet yang didapat pun tinggal dijalankan. Namun tahukah Anda salah satu kelebihan dan kekurangan Zoom pada sisi negatif atau dampak kekurangannya?

 

Boros penggunaan pada kuota data merupakan salah satu kekurangan Zoom yang sudah menjadi rahasia publik pada umumnya. Bagaimana tidak, akses Zoom yang begitu luas memungkinkan penggunaan data internet yang semakin besar. Sehingga, disarankan bagi anda untuk menyediakan data internet secukupnya. Atau jika perlu gunakan jenis kuota un-limited yang tidak terbatas penggunaan akses datanya.

 

2. Tidak Tersedia Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Universal memang sudah sepatutnya dipelajari bagi seluruh penduduk di dunia, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun tahukah Anda? Secerdas apapun kemampuan Bahasa Dunia tiap orang, tentu akses informasi Bahasa Indonesia masih diperlukan bagi beberapa kalangan. Hal inilah yang menjadi kekurangan bagi teknologi Zoom.

 

Teknologi Zoom tidak menyediakan Bahasa Indonesia sebagai fitur pendukung diskusi maupun siaran langsung. Akses bahasa yang masih mungkin dapat digunakan untuk pengguna ialah Bahasa Inggris, Bahasa Portugis, Bahasa Belanda, dan lain sebagainya. Umumnya pengguna Zoom lebih tertarik untuk menggunakan Bahasa Inggris karena dianggap paling mudah untuk dipahami.

3. Rawan Data Bocor

Jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Zoom, sebuah kebocoran data tentunya menjadi salah satu kekurangan Zoom paling menyeramkan yang pernah terjadi. Pasalnya, sudah tersebar berita pada sebagian besar kalangan bahwasanya terdapat banyak kebocoran data baik dari dalam negara maupun luar negara Indonesia.

 

Kebocoran data yang terjadi pun bukan masalah yang kecil. Data yang rawan terkena peretasan dapat berujung pada data pribadi seseorang. Sehingga besar kemungkinan jika memiliki informasi terpenting seperti bisnis, pendidikan, foto, akan dapat dengan mudah tersebar luas di jejaring media sosial. Terlebih jika data tersebut digunakan sebagai tindak kejahatan yang marak terjadi di luar negeri. (Red)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "SOLUSI BELAJAR DARING SISWA SD BERSAMA ISTIANA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS BOYOLALI"