STIEPARI Semarang Luar Biasa! Baru Saja dapat Hibah dari Kemendikbud.

banner 160x600
banner 468x60

 

Semarang- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang, berhasil mendapatkan bantuan dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari STIEPARI Semarang. Program yang merupakan suatu bentuk keikutsertaan mahasiswa dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa ini menyasar kaum pemuda khususnya perempuan pada Desa Wisata Kedungboto yang berada di kabupaten Kendal. Pemilihan Desa Wisata Kedungboto antara lain, karena terdapat potensi daya tarik wisata budaya yang juga menjadi fokus utama dari program PHP2D tersebut, dimana fokus Tim UKM Tari STIEPARI adalah untuk mengembangkan sebuah tari kreasi baru yang dapat digunakan sebagai tarian selamat datang bagi wisatawan (welcoming dance).

Program yang merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini memberikan banyak sekali manfaat baik dari pihak kampus sebagai akademisi dan masyarakat desa yang menjadi sasaran utama dalam program PHP2D. Keikutsertaan dan keaktifan mahasiswa yang mendampingi masyarakat desa secara langsung sejak bulan September hingga November 2021 ini memberikan banyak sekali pembelajaran luar kampus dan memberikan dampak positif bagi masyarakat desa. Program yang memang diatur untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan meningkatkan kontribusi mahasiswa pariwisata kepada masyarakat desa agar terbangunnya suatu desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera ini dapat terwujud atas pembinaan yang dilakukan oleh mahasiswa.

Pembukaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan kegiatan observasi mengenai potensi masyarakat yang ada di Desa Wisata Kedungboto dimana Tim PHP2D berkesempatan secara langsung menyaksikan berbagai macam kebudayaan lokal yang menjadi pengembanga awal dari program yang juga menyasar kebudayaan masyarakat Desa Wisata Kedungboto. Selain melakukan observasi, Tim PHP2D UKM Tari STIEPARI Semarang juga berkesempatan secara langsung untuk berdiskusi dengan masyarakat dan pelaku budaya di desa wisata tersebut untuk memberikan pelatihan rias dan latihan rutin gerakan tari yang akan menjadi salah satu hasil dari program PHP2D tersebut.

Dengan berbagai pelatihan dan pendampingan yang diberikan secara berkala selama kurang lebih 3 bulan, melalui program tersebut Tim PHP2D UKM Tari STIEPARI Semarang percaya bahwa Desa Wisata Kedungboto akan dapat mengenalkan kebudayaan lokal masyarakat dan membantu meningkatkan kunjungan wisatawan terutama dengan pengemasan tari kreasi yang digunakan sebagai tarian selamat datang (welcoming dance).

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "STIEPARI Semarang Luar Biasa! Baru Saja dapat Hibah dari Kemendikbud."