170 PESERTA IKUTI TRY OUT PERANGKAT DESA DI GEDUNG SASANA SUKA DESA SUMBEREJO

banner 160x600
banner 468x60

 

Klaten(Jaringan Arwira Media Group)- Bertempat di Gedung Sasana Suka Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan hari ini Ahad(14/08/2022) telah dilangsungkan Try Out Perangkat Desa se-Kabupaten Klaten. Dalam Try Out kali ini diisi oleh para narasumber yang berkompeten diantaranya Kepala Desa Pundungan, Juwiring Danang Setiawan, SE yang hadir didampingi Sekretaris Desa Pundungan dan ketua TP3D desa setempat.

Selain diatas, narasumber yang lain Ir. Anang Budi Wibawa sekaligus Presidium FKBPD Kabupaten Klaten, materi yang lain di isi oleh Kepala Dusun (Kadus) Gondang, Kebonarum Rahmad sekaligus kadus lolos Perangkat Desa tahun 2018 selanjutnya disambung materi  komputer yang meliputi MS. Word, Exxel dan PPT.

Ketua panitia Try Out Jagat Binangun dalam sambutannya dihadapan 170 peserta yang memadati Gedung yang terletak di Jalan Pandanaran Sumberjo mengucapkan terimaksih kepada para peserta yang sudah menyempatkan untuk mengikuti Try Out hari ini.

“Kami atas nama pribadi dan panitia mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada semua peserta atas partisipasinya dalam Try Out kali ini. Try Out ini diadakan dengan tujuan tidak lain dan tidak bukan untuk mematangkan persiapan para peserta sebelum mengikuti tes perangkat desa yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan”, Ungkap Jagat Binangun yang juga pengusaha.

Sebelum acara ini dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama yang dipimpin Ustadz Sutarna Al Bayati dari Bayat.

Sementara itu salah satu peserta Wigati dari Juwiring mengaku puas atas Try Out Kali ini, “Dengan Try Out hari ini saya bertambah wawasan dan pengetahuan tentang desa, komputer dan sebagainya serta saya siap untuk mengikuti tes perangkat desa selanjutnya. Dan mohon doanya semoga tahun ini berhasil lolos menjadi Perangkat Desa”, Ujar Wigati yang tahun ini ikut tes yang ke dua setelah pertama di 2018 belum berhasil. Perlu diketahui Wigati ini almarhum ayahnya pernah menjadi Kepala Desa di desanya sehingga hatinya juga tergerak untuk mengabdi di desanya.

Secara terpisah peserta lain Chocho dari Cawas juga mengaku puas atas Try Out kali ini, “Saya sangat puas para narasumber kompeten semua dan tentunya saya juga sangat terhibur karena disuguhkan organ tunggal yang luar biasa. Saya menambahkan Try Out ini sungguh membantu dalam persiapan saya untuk bertarung dalam tes Perangkat Desa nanti”, Ujar Chocho yang juga alumni S1 dari sebuah PTN ternama di Kota Yogyakarta ini. Cocho sendiri dalam pengakuannya mendaftar Perangkat Desa di Kecamatan Cawas.

Dari Boyolali, Pendiri EWRC Indonesia Eko Wiratno menyambut baik pelaksaan Try Out semacam ini untuk menambah wawasan bagi para calon sebelum mengikuti ujian. “Ini sebuah acara yang menarik dan cukup bagus untuk diikuti siapa saja yang akan maju dalam perebutan kursi perangkat desa di Kabupaten Klaten besok. Dengan mengikuti Try Out tentu bisa mengukur sejauh mana kemampuan dan skill yang dimiliki para calon peserta saat ini. Saya berdoa semua peserta Try Out pada hari ini semua bisa lolos menjadi perangkat desa yang siap lahir batin untuk mengabdi demi kemajuan desanya masing-masing”, Ujar Eko Wiratno yang juga Direktur Arwira Group ini kepada Jaringan Arwira Media Group Ahad malam(14/08/2022).

Berikut jadwal lengkap dan tahapan pengisian perangkat desa di Kabupaten Klaten tahun 2022 :

1. Proses Tahapan Penjaringan

  • 25 Juli 2022 : Persiapan.
  • 27-28 Juli 2022 : Rapat Kepala Desa dengan Tim TP3D.
  • 29 Juli – 1 Agustus 2022 : Pengumuman Kekosongan Perangkat Desa
  • 2-3 Agustus 2022 : Pengumuman Pendaftaran Calon Perangkat Desa
  • 4-5 Agustus 2022 : Pendaftaran Calon Perangkat Desa
  • 6-8 Agustus 2022 : Penelitian Berkas Administrasi
  • 9 Agustus 2022 : Pemberitahuan Kekurangan Berkas
  • 10-11 Agustus 2022 : Melengkapi Kekurangan Berkas
  • 12 Agustus 2022 : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
  • 13 Agustus : Pengumuman Bakal Calon Perangkat Desa

2. Proses Penyaringan (Tes)

  • 23 Agustus 2022 : Tes Asesmen Sosial Kultural
  • 24 Agustus 2022 : Tes Seleksi Akademik (Tes Ujian Tertulis dan Praktik Komputer)
  • Pengumuman Ujian : 24 Agustus 2022

Tes Asesmen merupakan tes yang digunakan untuk menguji tentang pengetahuan, keterampilan, serta sikap calon pelamar yang berkaitan dengan bagaimana calon pelamar berinteraksi dengan lingkungan yang majemuk atau beragam.

Adapun untuk tes seleksi akademik berupa ujian tertulis dan praktik dalam kelihaian penggunaan perangkat komputer.(**)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "170 PESERTA IKUTI TRY OUT PERANGKAT DESA DI GEDUNG SASANA SUKA DESA SUMBEREJO"