SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ASSYIFA ACEH MENGIKUTI PELATIHAN SERTIFIKASI AUDITOR AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) BERBASIS RISK BASED AUDITOR

banner 160x600
banner 468x60

Oleh: Dr. Wahyu Khafidah, S.Pd.I, MA

Banda Aceh- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Assyifa Aceh terus berbenah untuk kemajuan perguruan tinggi. Memahami pentingnya mutu pendidikan, STIKES Assyifa Aceh mengutus dan memberikan izin kepada dosen untuk mengikuti pelatihan sertifikasi auditor audit mutu internal (AMI) yag diselenggarakan oleh LP3M Universitas Syiah Kuala (USK) yang dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 22 Desember 2021 di Hotel Oasis Aceh.

Kegiatan audir mutu internal ini akan berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 20 perguruan tinggi (PT) yang ada di provinsi Aceh. Dalam sambutan pembukaan acara sekretaris LP3M USK Bapak Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng menyebutkan bahwa acara sertifikasi ini diadakan dua tahun sekali dilakukan oleh USK. Simulasi auditor akan dilaksanakan pada empat fakultas yang ada di USK yaitu FEB, FKH, FK dan FKP pada hari ketiga.

Diharapkan peserta AMI dapat memahahami dan mampu mengimplementasikan Permendikbud Nomor 3/ 2020 mengenai organisasi mutu pada perguruan tinggi (PT), dan mengaplikasikan strategi mutu perguruan tinggi (PT). AMI diamanahkan dalam undang-undang no 12 tahun 2012 tetang perguruan tinggi (PT) terdapat pada Bab III mengenai penjaminan mutu, yaitu terdiri dari Bagian 1 sistem penjaminan mutu, bagian  2 Standar pendidikan tinggi, bagian 3 akreditasi, bagian 4 pangkalan data pendidkan tinggi, bagian 5 lembaga layanan pendidikan tinggi.

Materi kedua dari bapak Dr. Aman Yaman berbicara mengenai SNDIKTI dan akreditasi terdapat beberapa poit yaitu pertama: Kriteria akreditasi adalah patokan akreditasi yang mengacu pada standar nasional penddikan tinggi. Kedua dalam pengembangan kriteria akreditasi, SN-Dikti dijadikan sebagai rujukan utama. Ketiga kriteria dijabarkan ke dalam elemen penilaian dan elemen mempertimbangkan interaksi antar standar dari SN Dikti yang mengukur capaian mutu pendidikan tinggi. Dr. Wahyu khafidah selaku peserta sangat bangga bisa mengikuti AMI ini, dikarena acara ini sangat bermanfaat bagi pribadi untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah pengalaman, wawasan dan menambah pertemanan dan juga manfaat secara menyeluruh dapat membangun mutu perguruan tinggi.

 

 

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) ASSYIFA ACEH MENGIKUTI PELATIHAN SERTIFIKASI AUDITOR AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) BERBASIS RISK BASED AUDITOR"